Powered By Blogger

Senin, 14 Maret 2011



Arti Falsafah Kehidupan SH Terate
“Sepiro gedhene samsoro ning tinompo among dadi cobo”


Falsafah ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate ini mengandung arti yang luar biasa klo kita implementasikan dengan kehidupan manusia di dunia. Karena mengandung sebuah pembelajaran yang luar biasa. Dalam menghadapi cobaan hidup sering kali manusia tidak sabar dalam menerima cobaan dari Sang Pencipta, ujung-ujungnya banyak sekali manusia menggunakan jalan pintas untuk sekedar melepaskan beban hidup yang berupa cobaan ini. Sehingga SH Terate sejak awal mewanti-wanti kepada setiap warganya untuk senantiasa menerima cobaan seberapapun beratnya karena musibah atau cobaan yg diberikan Sang Pencipta klo kita legowo penuh kesabaran senantiasa kita akan menuai hasil yang luar biasa juga.
Dalam menghadapi cobaan/ musibah senantiasa menusia selalu berpegang teguh pada ajaran agama yang meraka anut. Untuk tetap sabar dalam menerima ujian/ musibah ada beberapa cara untuk menerima dengan kesabaran.

1. Selalu berprasangka baik kepada Sang Kholiq
Musibah dan cobaan memang tidak pernah diharapkan kedatangannya oleh sitiap orang namun bila musibah dan cobaan dating kita harus benar-benar siap menerimanya. Hal pertama yg harus kita lakukan jika musibah menghampiri kita yaitu berprasangka baik/ khusnudhon kepada Sang Pencipta karena sejelek-jeleknya prilaku adalah berprasangka buruk kepada Alloh SWT. Maka hal itu harus kita buang sejauh-jauhnya

2. Tidak berkeluh kesah
Berkeluh kesah dalam mengahadapi musibah perlu tapi dengan syarat hanya sebatas menceritakan masalah kita kepada orang lain karena itu bias mengurangi permasalahan yg kita hadapi tapi sering kali kita menanbah-nambah cerita yg sebenarnya tidak sama dengan yg kita hadapi.

3. Sabar dalam berikhtiar
Banyak sekali manusia tidak sabar dalam menghadapi cobaan ujung-ujungnya meraka melakukan jalan pintas yang tidak diridloi Alloh SWT. Dalam melepas dari cobaan harus berupaya semaksimal mungkin sambil berdoa dan berpasrah ke pada Sang Pencipta sehingga
apa yang kita lakukan untuk lepas dari musibah akan tetap dihitung sebuah pahala.

4. Sabar untuk meraih kesuksesan
Para suksesor yang kita jumpai sekarang dulunya sebelum mereka sukses tentu dari awalnya sudah mengalami musibah/ cobaan yang besar. Sebagai contoh : Bill Gates adalah seorang mahasiswa yg dicap sebagai mahasiswa yg bodoh dan akhirnya dikeluarkan dari kampus.

Maka kita jangan terburu untuk menjadi seorang yang sukses tanpa diuji dulu karena naiknya derajat dan kehidupan manusia dari awalnya harus susah dulu tidak serta merta langsung sukses.


Arti Falsafah Kehidupan SH Terate
“Sepiro gedhene samsoro ning tinompo among dadi cobo”


Falsafah ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate ini mengandung arti yang luar biasa klo kita implementasikan dengan kehidupan manusia di dunia. Karena mengandung sebuah pembelajaran yang luar biasa. Dalam menghadapi cobaan hidup sering kali manusia tidak sabar dalam menerima cobaan dari Sang Pencipta, ujung-ujungnya banyak sekali manusia menggunakan jalan pintas untuk sekedar melepaskan beban hidup yang berupa cobaan ini. Sehingga SH Terate sejak awal mewanti-wanti kepada setiap warganya untuk senantiasa menerima cobaan seberapapun beratnya karena musibah atau cobaan yg diberikan Sang Pencipta klo kita legowo penuh kesabaran senantiasa kita akan menuai hasil yang luar biasa juga.
Dalam menghadapi cobaan/ musibah senantiasa menusia selalu berpegang teguh pada ajaran agama yang meraka anut. Untuk tetap sabar dalam menerima ujian/ musibah ada beberapa cara untuk menerima dengan kesabaran.

1. Selalu berprasangka baik kepada Sang Kholiq
Musibah dan cobaan memang tidak pernah diharapkan kedatangannya oleh sitiap orang namun bila musibah dan cobaan dating kita harus benar-benar siap menerimanya. Hal pertama yg harus kita lakukan jika musibah menghampiri kita yaitu berprasangka baik/ khusnudhon kepada Sang Pencipta karena sejelek-jeleknya prilaku adalah berprasangka buruk kepada Alloh SWT. Maka hal itu harus kita buang sejauh-jauhnya

2. Tidak berkeluh kesah
Berkeluh kesah dalam mengahadapi musibah perlu tapi dengan syarat hanya sebatas menceritakan masalah kita kepada orang lain karena itu bias mengurangi permasalahan yg kita hadapi tapi sering kali kita menanbah-nambah cerita yg sebenarnya tidak sama dengan yg kita hadapi.

3. Sabar dalam berikhtiar
Banyak sekali manusia tidak sabar dalam menghadapi cobaan ujung-ujungnya meraka melakukan jalan pintas yang tidak diridloi Alloh SWT. Dalam melepas dari cobaan harus berupaya semaksimal mungkin sambil berdoa dan berpasrah ke pada Sang Pencipta sehingga
apa yang kita lakukan untuk lepas dari musibah akan tetap dihitung sebuah pahala.

4. Sabar untuk meraih kesuksesan
Para suksesor yang kita jumpai sekarang dulunya sebelum mereka sukses tentu dari awalnya sudah mengalami musibah/ cobaan yang besar. Sebagai contoh : Bill Gates adalah seorang mahasiswa yg dicap sebagai mahasiswa yg bodoh dan akhirnya dikeluarkan dari kampus.

Maka kita jangan terburu untuk menjadi seorang yang sukses tanpa diuji dulu karena naiknya derajat dan kehidupan manusia dari awalnya harus susah dulu tidak serta merta langsung sukses.

Sambung SH TERATE

Minggu, 13 Maret 2011

Butiran Sejarah PSHT

Butiran Sejarah R.M. Soetomo Mangkoedjojo
Pada suatu saat ,jika mata enggan istirahat.Badan tidak terasa penat , alangkah mulianya jika menambah ilmu dengan membaca, direnungkan, dicamkan dan diambil hikmah secara mendalam. Berikut merupakan cuplikan sejarah dari website PSHT .


Butiran Sejarah PSHT

Tulisan karya Roko Mas BAMBANG TUNGGUL WULUNG JUDHYASMARA
Petikan sejarah dari Halaman Info Face book “ Paseduluran Terate Madiun se- Indonesia “

Beliau adalah murid dari Ki Hadjar Hardjo Oetomo ( Pendiri PSHT ).
R.M. Soetomo Mangkoedjojo adalah seorang Pendekar Tingkat III ,
R.M. Soetomo Mangkoedjojo disyahkan menjadi pendekar tingkat I pada tahun 1928. Berikut murid – murid Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang disyahkan pada tahun 1928 adalah sebagai berikut :
1 Bapak Soetomo Mangkoedjojo ( Madiun )
2 Bapak Hardjosajano alias Hardjo Girin ( Kepatihan Madiun )
3 Bapak Moch Irsad ( Madiun )
4 Dewan pengesah : Ki Hadjar Hardjo Oetomo
5 Pelaksanaan Pengesahan : Di kediaman Ki Hadjar Hardjo Oetomo, Desa Pilangbango Madiun.

Kemudian pada tahun 1936 R.M. Soetomo Mangkoedjojo mendirikan Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Ponorogo, dan pengesahan pertama dilakukan pada tahun 1938 yang mengesahkan sebanyak 4 orang.

Pada tahun 1948 beberapa murid Ki Hadjar Harjo Oetomo antara lain Soetomo Mangkoedjojo, Darsono, Suprodjo, Hardjo Giring, Gunawan, Hadisubroto, Hardjo Wagiran, Letnan CPM Sunardi, Sumadji al. Atmadji, Badini, Irsad dan kawan – kawan mempunyai prakasa untuk mengadakan konfrensi di tempat kediaman Ki Hadjar Harjo Oetomo . Tujuan diadakan konfrensi tersebut adalah untuk merubah / mengganti sifat Perguruan menjadi Organisasi Setia Hati Terate yang mempunyai Anggaran dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Setelah Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate dikukuhkan menjadi suatu organisasi maka di pilihlah R.M. Soetomo Mangkoedjojo sebagai ketua dan Bapak Darsono sebagai wakil ketua.

Kemudian pada tahun 1953 karena pekerjan beliau dipindah tugaskan ke Surabaya selanjutnya Ketua Persaudaraan Setia Hati Terate diserah terimakan kepada bapak Irsad.

Pada tahun 1958 R.M. Soetomo Mangkoedjojo mengesahkan Sdr. R.M Imam Kussupangat, Sdr. Kuswanto. BA dan Sdr. Harsanto. SH menjadi warga tingkat I, pengesahan dilakukan di Oro – Oro Ombo Madiun di rumah Bapak Santoso.

Pada tahun 1963 R.M. Soetomo Mangkoedjojo melatih langsung Sdr. R.M Imam Kussupangat tingkat II. Dan pada tahun 1964 Sdr. R.M Imam Kussupangat disyahkan menjadi warga tingkat II, pengesahan dilaksanakan di Jl. Diponegoro 45 Madiun oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo sebagai Dewan Pengesah.

Pada tahun 1966 Sdr. R.M Imam Kussupangat mulai menjalani latihan tingkat III karena dianggap berhak untuk menerima ilmu Setia Hati tingkat III oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo. Dimana ilmu tersebut berdasarkan “Wahyu” dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Semenjak itu Sdr. R.M Imam Kussupangat dimulai latihan tingkat III dilatih dan disyahkan oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo ( sebagai Ketua Dewan Pusat dan Dewan Pengesah ). Maka dari itu Sdr. R.M Imam Kussupangat tidak lepas sedikitpun peranan dan bimbingan dari R.M. Soetomo Mangkoedjojo sebagai pelatih atau disebut sebagai guru dalam pendidikan tingkat II maupun tingkat III

Tahun 1974 diselenggarakan Musyawarah Besar ( MUBES ) I Persaudaraan Setia Hati Terate dengan kesepakatan mengangkat R.M. Soetomo Mangkoedjojo sebagai Ketua Dewan Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate dan R.M. Imam Kussupangat sebagai Ketua Umum Pusat.
Pada tanggal 14 Desember 1975 R.M. Soetomo Mangkoedjojo wafat dan dimakamkan di Makam Cangkring Madiun.

Berikut adalah kedudukan yang pernah dipegang oleh R.M. Soetomo Mangkoedjojo dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Tahun 1948 adalah Ketua Umum Pusat yang pertama Persaudaraan Setia Hati Terate
( dari " perguruan “ menjadi “ organisasi “ )
Tahun 1956 Ketua Umum Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate,
Tahun 1964 Ketua Umum Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate
Tahun 1974 Ketua Dewan Pusat Persaudaraan Setia Hati Terate
Demikian sedikit perjalanan hidup tentang R.M. Soetomo Mangkoedjojo, mudah – mudahan dengan sedikit catatan ini bisa membantu untuk tambahnya pengertian dan pengetahuan kita semua agar wawasan sejarah berdirinya Persaudaraan Setia Hati Terate sampai dengan perkembangannya dapat kita ikuti dan ketahui bersama secara tepat dan benar.


Nb : Di kutip dari buku
“ Sejarah Singkat dan Perkembangannya PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE “
disusun oleh
BAMBANG TUNGGUL WULUNG JUDHYASMARA
NIW. 630100002
PUTRA KANDUNG R.M. SOETOMO MANGKOEDJOJO
PEMBIMBING & PEMBINA PADEPOKAN “WESI AJI” ( WEDAR SILAT AMONG JIWO )
PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE SEMARANG

SAMBUNG SH TERATE


Poro kadang sedulur PSHT di seluruh jagad raya, saya mhn m'f sbnyk mnkin krn gmbr ini saya ambil dr facebook tnp saya konfirmasikan. Utk itu 1X lg mhn m'f se bsr2nya. Trims...

PENDIDIKAN AGAMA

Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Islam di indonesia
Proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia menurut Ahmad Mansur Suryanegara dalam bukunya yang berjudul Menemukan Sejarah, terdapat 3 teori yaitu teori Gujarat, teori Makkah dan teori Persia. Ketiga teori tersebut di atas memberikan jawaban tentang permasalah waktu masuknya Islam ke Indonesia, asal negara dan tentang pelaku penyebar atau pembawa agama Islam ke Nusantara.
Untuk mengetahui lebih jauh dari teori-teori tersebut, silahkan Anda simak uraian materi berikut ini.
1. Teori Gujarat
Teori berpendapat bahwa agama Islam masuk ke Indonesia pada abad 13 dan pembawanya berasal dari Gujarat (Cambay), India. Dasar dari teori ini adalah:
a. Kurangnya fakta yang menjelaskan peranan bangsa Arab dalam penyebaran Islam di Indonesia.
b. Hubungan dagang Indonesia dengan India telah lama melalui jalur Indonesia – Cambay – Timur Tengah – Eropa.
c. Adanya batu nisan Sultan Samudra Pasai yaitu Malik Al Saleh tahun 1297 yang bercorak khas Gujarat. Pendukung teori Gujarat adalah Snouck Hurgronye, WF Stutterheim dan Bernard H.M. Vlekke. Para ahli yang mendukung teori Gujarat, lebih memusatkan perhatiannya pada saat timbulnya kekuasaan politik Islam yaitu adanya kerajaan Samudra Pasai. Hal ini juga bersumber dari keterangan Marcopolo dari Venesia (Italia) yang pernah singgah di Perlak ( Perureula) tahun 1292. Ia menceritakan bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India yang menyebarkan ajaran Islam.
Demikianlah penjelasan tentang teori Gujarat. Silahkan Anda simak teori berikutnya.
2. Teori Makkah
Teori ini merupakan teori baru yang muncul sebagai sanggahan terhadap teori lama yaitu teori Gujarat. Teori Makkah berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 dan pembawanya berasal dari Arab (Mesir).
Dasar teori ini adalah:
a. Pada abad ke 7 yaitu tahun 674 di pantai barat Sumatera sudah terdapat perkampungan Islam (Arab); dengan pertimbangan bahwa pedagang Arab sudah mendirikan perkampungan di Kanton sejak abad ke-4. Hal ini juga sesuai dengan berita Cina.
b. Kerajaan Samudra Pasai menganut aliran mazhab Syafi’i, dimana pengaruh mazhab Syafi’i terbesar pada waktu itu adalah Mesir dan Mekkah. SedangkanGujarat/India adalah penganut mazhab Hanafi.
c. Raja-raja Samudra Pasai menggunakan gelar Al malik, yaitu gelar tersebut berasal dari Mesir. Pendukung teori Makkah ini adalah Hamka, Van Leur dan T.W. Arnold. Para ahli yang mendukung teori ini menyatakan bahwa abad 13 sudah berdiri kekuasaan politik Islam, jadi masuknya ke Indonesia terjadi jauh sebelumnya yaitu abad ke 7 dan yang berperan besar terhadap proses penyebarannya adalah bangsa Arab sendiri. Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah memahami? Kalau sudah paham simak
3. Teori Persia
Teori ini berpendapat bahwa Islam masuk ke Indonesia abad 13 dan pembawanya berasal dari Persia (Iran). Dasar teori ini adalah kesamaan budaya Persia dengan budaya masyarakat Islam Indonesia seperti:
a. Peringatan 10 Muharram atau Asyura atas meninggalnya Hasan dan Husein cucu Nabi Muhammad, yang sangat di junjung oleh orang Syiah/Islam Iran. Di Sumatra Barat peringatan tersebut disebut dengan upacara Tabuik/Tabut. Sedangkan di pulau Jawa ditandai dengan pembuatan bubur Syuro.
b. Kesamaan ajaran Sufi yang dianut Syaikh Siti Jennar dengan sufi dari Iran yaitu Al – Hallaj.
c. Penggunaan istilah bahasa Iran dalam sistem mengeja huruf Arab untuk tanda- tanda bunyi Harakat.
d. Ditemukannya makam Maulana Malik Ibrahim tahun 1419 di Gresik.
e. Adanya perkampungan Leren/Leran di Giri daerah Gresik. Leren adalah nama salah satu Pendukung teori ini yaitu Umar Amir Husen dan P.A. Hussein Jayadiningrat.
Ketiga teori tersebut, pada dasarnya masing-masing memiliki kebenaran dan kelemahannya. Maka itu berdasarkan teori tersebut dapatlah disimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia dengan jalan damai pada abad ke – 7 dan mengalami perkembangannya pada abad 13. Sebagai pemegang peranan dalam penyebaran Islam adalah bangsa Arab, bangsa Persia dan Gujarat (India). Demikianlah uraian materi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia.
Proses masuk dan berkembangnya Islam ke Indonesia pada dasarnya dilakukan dengan jalan damai melalui beberapa jalur/saluran yaitu melalui perdagangan seperti yang dilakukan oleh pedagang Arab, Persia dan Gujarat. Pedagang tersebut berinteraksi/bergaul dengan masyarakat Indonesia. Pada kesempatan tersebut dipergunakan untuk menyebarkan ajaran Islam. Selanjutnya diantara pedagang tersebut ada yang terus menetap, atau mendirikan perkampungan, seperti pedagang Gujarat mendirikan perkampungan Pekojan. Dengan adanya perkampungan pedagang, maka interaksi semakin sering bahkan
ada yang sampai menikah dengan wanita Indonesia, sehingga proses penyebaran Islam semakin cepat berkembang.
Perkembangan Islam yang cepat menyebabkan muncul tokoh ulama atau mubaliqh yang menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren.
Pondok pesantren adalah tempat para pemuda dari berbagai daerah dan kalangan masyarakat menimba ilmu agama Islam. Setelah tammat dari pondok tersebut, maka para pemuda menjadi juru dakwah untuk menyebarkan Islam di daerahnya masing- masing. Di samping penyebaran Islam melalui saluran yang telah dijelaskan di atas, Islam
juga disebarkan melalui kesenian, misalnya melalui pertunjukkan seni gamelan ataupun wayang kulit. Dengan demikian Islam semakin cepat berkembang dan mudah diterima oleh rakyat Indonesia.
Proses penyebaran Islam di Indonesia atau proses Islamisasi tidak terlepas dari peranan para pedagang, mubaliqh/ulama, raja, bangsawan atau para adipati. Di pulau Jawa, peranan mubaliqh dan ulama tergabung dalam kelompok para wali yang dikenal dengan sebutan Walisongo atau wali sembilan yang terdiri dari:
1. Maulana Malik Ibrahim dikenal dengan nama Syeikh Maghribi menyebarkan Islam di Jawa Timur.
2. Sunan Ampel dengan nama asli Raden Rahmat menyebarkan Islam di daerah Ampel Surabaya.
3. Sunan Bonang adalah putra Sunan Ampel memiliki nama asli Maulana Makdum Ibrahim, menyebarkan Islam di Bonang (Tuban).
4. Sunan Drajat juga putra dari Sunan Ampel nama aslinya adalah Syarifuddin, menyebarkan Islam di daerah Gresik/Sedayu.
5. Sunan Giri nama aslinya Raden Paku menyebarkan Islam di daerah Bukit Giri (Gresik)
6. Sunan Kudus nama aslinya Syeikh Ja’far Shodik menyebarkan ajaran Islam di daerah Kudus.
7. Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Mas Syahid atau R. Setya menyebarkan ajaran Islam di daerah Demak.
8. Sunan Muria adalah putra Sunan Kalijaga nama aslinya Raden Umar Syaid menyebarkan islamnya di daerah Gunung Muria.
9. Sunan Gunung Jati nama aslinya Syarif Hidayatullah, menyebarkan Islam di Jawa Barat (Cirebon)
Demikian sembilan wali yang sangat terkenal di pulau Jawa, Masyarakat Jawa sebagian memandang para wali memiliki kesempurnaan hidup dan selalu dekat dengan Allah, sehingga dikenal dengan sebutan Waliullah yang artinya orang yang dikasihi Allah

KE SH-- TERATE



Materi Latian Pencak Silat di PSHT 2: Ke-SH-an, Sambung dan Pernapasan
2.1.9 Ke-SH-an
a. Pengertian
adalah suatu ajaran pembinaan mental spiritual dalam usaha membentuk manusia berjiwa setia hati.
b. Tujuan:
Membina menjadi manusia berbudi luhur tahu benar dan salah.
c. Pelaksanaan:
memberi ceramah, nasehat disertai penghayatan terhadap contoh-contoh kehidupan.

2.1.10 Pembinaan Teknik
a. Pengertian:
adalah membina teknik pencak silat dengan berpola pada jurus dan materi Persaudaraan Setia Hati Terate.
b. Tujuan:
- membentuk sikap waspada
- membentuk sikap memudahkan gerakan berangkai secara reflek
c. Pelaksanaan:
melatih sikap pasang dan penggunaannya, melangkah, belaan, menyerang dan merangkaikannya.

2.1.11 Pembinaan Taktik
a. Pengertian:
adalah membina strategi pencak silat dengan menggunakan pola bertanding yang praktis.
b. Tujuan:
- memperkaya analisa teknik
- mencapai prestasi yang baik dalam pertandingan
- mencapai tingkat mahir sehingga tercapai keyakinan
c. Pelaksanaan:
- melatih kemantapan langkah, pola langkah, pola sambut dan sambung
- melatih pengembangan praktek yang terpimpin dan terarah meningkatkan dalam praktek bebas

2.1.12 Sambung
a. Pengertian:
adalah penerapan rangkaian teknik yang telah diperoleh dari jurus, pengunaan pasang, pola langkah, pola sambut, dll.
b. Tujuan:
- melatih keberanian bertanding atau penyelesaian permasalahan (perkelahian) dalam bentuk nyata
- melatih penerapan teori-teori yang telah didapat
- mencetak pesilat yang militan dan pilih tanding
- melatih mengendalikan emosi
- melatih kepandaian berfikir dan bertindak

c. Pelaksanaan:
- dipimpin oleh pelatih tetap
- pandai melihat keadaan siswa:
~ menugaskan siswa yang siap, sehat dan berani melaksanakan sambung
~ membimbing siswa yang masih takut (sambung terhadap pelatih)
~ menugaskan pada siswa yang seimbang (kepandaian, kekuatan, dll)
Misalkan: siswa pandai melawan siswa pandai, siswa kurang pandai melawan siswa kurang pandai
- memberikan contoh dengan jalan mengajak siswa-siswa yang pandai untuk sambung dengan pelatih. Di sini pelatih bukan mencari kemenangan atau sengaja menghajar siswa, tetapi pelatih memberi contoh dengan melakukan langkah-langkah dan teknik yang benar
- tiap ada kesalahan segera dihentikan dan dibetulkan
- ditekankan penggunaan pasang:
# pasang merupakan perangkap, sikap harus terbuka
# menguasai macam-macam pasang, melatih untuk sering mengubah pasang untuk menglabuhi lawan
# sikap pasang selalu dipertahankan keadaannya baik sebelum diserang, sesudah diserang, akan menyerang maupun sesudah menyerang
- melatih tata nafas, sewaktu menyerang dan menerima serangan mengeluarkan nafas
- melatih menguasai unsur-unsur belaan dan serangan
Belaan (menerima serangan):
· hapal dan mampu melaksanakan penggunaan pasang
· berani, yakin dan percaya diri (sewaktu diserang) mempraktikan penggunaan pasang
· belaan harus tepat waktu (tidak menangkis sebelum/sesudah diserang) dan tepat sasaran (belaan disesuaikan dengan macam serangan)
· setiap melakukan belaan harus disusul dengan serangan masuk ke lawan
· serangan lawan yang lambat bias didahului dengan menyerang
· jangan menyerang langsung lawan yang sedang pasang atau lawan posisinya kuat, harus dilagak terlebih dahulu agar pasang lawan bergerak atau berubah baru memasukan serangan
· setiap perubahan pasang dari posisi satu pasang ke pasang lain merupakan saat kelemahan, oleh karena itu apabila melakukan perubahan pasang segera melakukan serangan atau apabila kita melakukan perubahan pasang harus disertai dengan gerak merapat atau melakukan belaan (perlindungan)
· bagian tubuh untuk menyerang disesuaikan dengan sasaran:
© menyerang bagian tubuh yang keras (dahi, batok kepala dll). Menggunakan bagian tubuh kita yang lunak (punggung tangan, telapak tangan) bukan kebalikannya keras dilawan dengan keras (tulang kering dilawan dengan tulang kering)
© menyerang bagian tubuh lawan yang lunak (ulu hati, pinggang dll) menggunakan bagian tubuh kita yang keras (kaki: A, B, C, T dll, punggung, jari, kepalan, siku, dengkul dll)

2.1.13 Pembinaan Pernafasan
a. Pengertian:
adalah membina pengaturan tata nafas
b. Tujuan:
- tercapainya kondisi kesehatan yang baik
- meningkatkan intelektual (kecerdasan, kepandaian)
- mengembangkan indera ke-enam
- meningkatkan kewibawaan
- tercapai kestabilan emosional
c. Pelaksanaan:
- membimbing dengan memberikan petunjuk dan pengarahan
- setiap kesalahan segera diperbaiki
- secara bertahap semakin lama semakin meningkat

Sabtu, 05 Maret 2011

HUKUM YASINAN DALAM ISLAM

Yasinan: Adakah Dalam Islam ?
Januari 7, 2007 pada 11:00 pm (Al aqidah, Aqidah, Aqidah Islam, Aqidah Muslim, At Tauhid, Iman, Islam, Muslim, Religius, Tauhid, www.mediamuslim.info)
mediamuslim.wordpress.com - “Ayo pak kita yasinan di rumahnya pak RT!” Kegiatan yang sudah menjadi tradisi di masyarakat kita ini biasanya diisi dengan membaca surat Yasin secara bersama-sama. Mereka bermaksud mengirim pahala bacaan tersebut kepada si mayit untuk meringankan penderitaannya. Timbang-timbang, daripada berkumpul untuk bermain catur, kartu apalagi berjudi, kan lebih baik digunakan untuk membaca Al-Qur’an (khususnya surat Yasin). Memang sepintas jika dipertimbangkan menurut akal pernyataan itu benar namun kalau dicermati lagi ternyata ini merupakan kekeliruan.Al-Qur’an Untuk Orang Hidup

Al-Qur’an diturunkan Alloh Ta’ala kepada Nabi Muhammad shollallohu’alaihi wa sallam sebagai petunjuk, rahmat, cahaya, kabar gembira dan peringatan. Maka kewajiban orang-orang yang beriman untuk membacanya, merenungkannya, memahaminya, mengimaninya, mengamalkan dan berhukum dengannya. Hikmah ini tidak akan diperoleh seseorang yang sudah mati. Bahkan mendengar saja mereka tidak mampu. “Sesungguhnya kamu tidak dapat menjadikan orang-orang mati itu mendengar.” (Terjemah An-Nahl: 80).

Alloh Ta’ala juga berfirman di dalam surat Yasin tentang hikmah tersebut yang artinya, “Al Qur’an itu tidak lain hanyalah pelajaran dan kitab yang memberi penerangan supaya dia memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup.” (Yasin: 69-70). Alloh berfirman yang artinya, “Sesungguhnya seseorang itu tidak akan menanggung dosa seseorang yang lain dan bahwasanya manusia tidak akan memperolehi ganjaran melainkan apa yang telah ia kerjakan.” (An-Najm: 38-39). Berkata Al-Hafizh Imam Ibnu Katsir rohimahulloh: ”Melalui ayat yang mulia ini, Imam Syafi’i rohimahulloh dan para pengikutnya menetapkan bahwa pahala bacaan (Al-Qur’an) dan hadiah pahala tidak sampai kepada orang yang mati, karena bacaan tersebut bukan dari amal mereka dan bukan usaha mereka. Oleh karena itu Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak pernah memerintahkan umatnya, mendesak mereka untuk melakukan perkara tersebut dan tidak pula menunjuk hal tersebut (menghadiahkan bacaan kepada orang yang mati) walaupun hanya dengan sebuah dalil pun.”

Adapun dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan surat Yasin jika dibaca secara khusus tidak dapat dijadikan hujjah. Membaca surat Yasin pada malam tertentu, saat menjelang atau sesudah kematian seseorang tidak pernah dituntunkan oleh syari’at Islam. Bahkan seluruh hadits yang menyebutkan tentang keutamaan membaca Yasin tidak ada yang sahih sebagaimana ditegaskan oleh Al Imam Ad Daruquthni.

Islam telah menunjukkan hal yang dapat dilakukan oleh mereka yang telah ditinggal mati oleh teman, kerabat atau keluarganya yaitu dengan mendo’akannya agar segala dosa mereka diampuni dan ditempatkan di surga Alloh subhanahu wa ta’ala. Sedangkan jika yang meninggal adalah orang tua, maka termasuk amal yang tidak terputus dari orang tua adalah do’a anak yang sholih karena anak termasuk hasil usaha seseorang semasa di dunia.

Biar Sederhana Yang Penting Ada Tuntunannya

Jadi, tidak perlu repot-repot mengadakan kenduri, yasinan dan perbuatan lainnya yang tidak ada tuntunannya dari Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam. Bahkan apabila dikaitkan dengan waktu malam Jum’at, maka ada larangan khusus dari Rosululloh shollalohu’alaihi wa sallam yakni seperti yang termaktub dalam sabdanya, “Dari Abu Hurairah, dari Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam: Janganlah kamu khususkan malam Jum’at untuk melakukan ibadah yang tidak dilakukan pada malam-malam yang lain.” (HR. Muslim). Bukankah lebih baik beribadah sedikit namun ada dalilnya dan istiqomah mengerjakannya dibanding banyak beribadah tapi sia-sia? Rosululloh shollallohu’alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang beramal yang tidak ada tuntunannya dari kami, maka ia tertolak.” (HR. Muslim). Semoga Alloh subhanahu wa ta’ala melindungi kita semua dari hal-hal yang menjerumuskan kita ke dalam kebinasaan. Wallohu a’lam bishshowab.

Sumber: mediamuslim.wordpress.com

Selasa, 01 Maret 2011

Puisi Untuk Ashari & KPK Puisi Untuk Ashari & KPK Antasari Kau bagai cahaya yang menyinari disaat kegelapan Kau bagai embun dipagi hari disaat kami d

BERBAGAI BUDAYA LOKAL, PENGARUH BUDAYA ASING DAN HUBUNGAN ANTAR BUDAYA
BAB I. PENDAHULUAN
Apa yang Dipelajari?
Modul ini akan mengantarkan kalian untuk mengidentifikasi berbagai budaya lokal, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup : pengertian budaya dan budaya lokal, unsur-unsur budaya, macam-macam budaya lokal di Indonesia, dampak masuknya budaya asing dan hubungan antar budaya.
Modul ini berkaitan dengan modul lainnya yaitu keberagaman budaya yang ada di masyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu :
Menjelaskan pengertian budaya.
Menjelaskan pengertian budaya lokal.
Menjelaskan unsur-unsur budaya.
Mengidentifikasikan macam-macam budaya lokal di Indonesia.
Mengidentifikasikan dampak masuknya budaya asing.
Mengidentifikasi hubungan antar budaya.
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar ini kelak di dunia kerja adalah :
Memahami budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.
Dapat bersikap dan bertindak sesuai dengan budaya kerja yang berlaku di tempat kerja.
Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian!
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
Manusia makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena dilengkapi dengan akal, nurani dan kehendak yang terdapat pada jiwa manusia sehingga manusia disebut sebagai makhluk … .
Manusia dapat menilai berbagai fakta, peristiwa atau sesuatu yang dianggap baik dan benar dan diterima sebagai nilai kebenaran atau nilai kenyataan hal ini menunjukkan manusia memiliki … .
Perasaan religius adalah perasaan yang berkaitan dengan … .
Kebudayaan merupakan hasil dari … , … dan … .
Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang sangat erat sehingga disebut sebagai … .
Budaya yang pada umumnya bersifat tradisional dan masih dipertahankan dinamakan … .
Unsur-unsur kebudayaan universal terdiri dari … unsur.
Kebudayaan manusia bersifat dinamis karena selalu mengalami … .
Penetrasi budaya menyebabkan pengaruh kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga menimbulkan perubahan kebudayaan secara besar-besaran dalam waktu … .
Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak kepada pihak lain dinamakan … .
BAB II PEMBELAJARAN
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini.
1. Jenis kegiatan : memahami dan menganalisis materi secara individu dan kelompok
2. Jam : disesuaikan kondisi jam pembelajaran, sekitar 10 jam (5 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan
Apa Kegiatan Belajarnya?
Menyimak tentang pengertian budaya, budaya lokal dan unsur-unsur budaya.
Berdiskusi tentang macam-macam budaya lokal di Indonesia.
Diskusi kelompok tentang dampak masuknya budaya asing.
Tugas kelompok tentang contoh hubungan antar budaya.
Rangkuman
Manusia makhluk berbudaya karena memiliki akal, nurani dan kehendak.
Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia.
Manusia dan kebudayaan merupakan dwi tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, dimana ada sekelompok manusia maka di situ ada kebudayaan yang dihasilkan.
Kebudayan berguna bagi manusia atau masyarakat untuk melindungi diri terhadap alam, mengatur hubungan antar manusia dan sebagai wadah dari segenap perasaan manusia.
Kebudayan yang hidup dan berkembang pada suku bangsa di setiap daerah disebut kebudayaan lokal.
Kebudayan menurut wujudnya digolongkan menjadi tiga macam yaitu :
kebudayaan berwujud abstrak
kebudayaan berwujud konkret; dan
kebudayaan berwujud benda (fisik).
Unsur-unsur pokok kebudayaan yang sama dapat dijumpai pada setiap kebudayaan di dunia dinamakan kebudayaan universal (cultural universal)
Tujuh unsur pokok kebudayaaan universal
sistem religi dan upacara keagamaan
sistem dan organisasi kemasyarakatan
sistem pengetahuan
bahasa
sistem kesenian
sistem mata pencaharian hidup dan
sistem teknologi dan peralatan
Dampak masuknya budaya asing antara lain :
terjadi perubahan kebudayaan
pembauran kebudayaan
modernisasi
keguncangan budaya
penetrasi budaya
memperkaya keberagaman budaya
melemahnya nilai-nilai budaya bangsa
Hubungan antar budaya dapat terjadi melalui :
difusi
akulturasi
Lembar Kerja!
Pengaruh budaya asing saat ini sangat gencar terhadap kebudayaan nasional.
Pertanyaan :
Berilah 3 contoh pengaruh budaya asing.
Sebutkan dampak yang ditimbulkan akibat masuknya budaya asing!
Upaya apakah yang harus kita lakukan agar pengaruh budaya asing tidak merusak kebudayaan bangsa Indonesia!
Lakukan diskusi masing-masing kelompok yang terdiri dari 5 orang.
Hasil diskusi dikumpulkan seminggu kemudian!
Mari Mengerjakan Tugas!
Identifikasikan pengertian budaya lokal menurut pemahaman kalian sendiri.
Identifikasikan berbagai contoh budaya lokal yang terdapat di lingkungan kalian tinggal.
BAB III EVALUASI
Soal Pilihan!
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang tepat!
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Kesempurnaan tersebut karena dilengkapi sang pencipta dengan akal, nurani dan kehendak sehingga manusia disebut sebagai makhluk … .
berbudaya
sosial
individu
penguasa
sempurna
Istilah sing yang sama artinya dengan kebudayaan adalah … .
Kebudayaan merupakan hasil dari … .
akal sebagai daya cipta
nurani sebagai daya rasa
cipta karsa dan rasa manusia
tindakan manusia
pengetahuan manusia
Menurut Koentjaraningrat kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan … .
bekerja
belajar
berbuat
beriman
berbudaya
Manusia dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang erat dan tidak dapat dipisahkan sehingga disebut … .
universal
tunggal ika
dwi muka
dwi tunggal
petunjuk hidup
Salah satu ciri kebudayaan adalah selalu bersifat … .
majemuk
kompleks
teratur
statis
dinamis
Budaya lokal pada umumnya bersifat … .
tradisional
modern
sentral
nasional
abstrak
Wujud kebudayaan ideal (abstrak) dinamakan … .
sistem sosial
sistem budaya
mentifak
sosifect
perilaku
Isi dari semua kebudayaan yang ada di dunia adalah … .
adat istiadat yang memiliki nilai etika
rangkaian aktivitas manusia dalam masyarakat
pola-pola perilaku dari anggota masyarakat
kebudayaan kebendaan hasil karya manusia
tujuh unsur pokok budaya universal
Tondi, Sahala dan Begn merupakan konsep kepercayaan tradisional yang dianut suku bangsa … .
Batak
Minagkabau
Sunda
Jawa
Bali
Bentuk rumah adapt Inuasan, Joglo dan Serontong merupakan budaya lokal dari … .
Jambi
Padang
Jawa Tengah
Bali
Nusa Tenggara Timur
Kaharingan merupakan system kepercayaan yang dianut oleh masyarakat … .
Sawu
Dayak
Bali
Bugis
Dani
Ugi merupakan bahasa daerah yang dipergunakan oleh suku … .
Dayak
Sawu
Bugis
Makasar
Dani
Tsyem merupakan rumah adat dari suku … .
Dani
Asmat
Bugis
Dayak Ngaju
Dayak Piman
Perubahan Kebudayaan akan berjalan secara terus menerus tergantung pada ….
dinamika masyarakatnya
interaksi budaya
sistem informasi dan komunikasi
norma dan nilai sosial
pola-pola kebudayaan
Pembauran kebudayaan dewasa ini semakin dipercepat degan berlangsungnya … .
perang dingin
globalisasii
kolonialisasi
imperialisme
modernisasi
Proses perubahan masyarakat dan kebudayaan dari masyarakat dan kebudayaan tradisional ke masyarakat dan kebudayaan modern dalam segala aspeknya disebut … .
pembauran budaya
perubahan budaya
penetrasi budaya
modernisasi budaya
kegoncangan budaya
Proses penyebaran atau perembesan suatu unsur kebudayaan dari satu pihak pada pihak lain dinamakan … .
difusi
penetrasi
akulturasi
amalgamasi
asimilasi
Proses difusi berlangsung melalui … .
modernisasi
perubaaan sosial
cara kekerasan
kontak dengan budaya asing
meniru (imitasi)
Proses akulturasi berlangsung dalam jangka waktu … .
cepat
singkat
terbata
perlahan
relatif lama
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
Jelaskan pengertian kebudayaan menurut Selo Sumarjan!
Jelaskan mengapa manusia dengan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya!
Diskusikan fungsi kebudayaan bagi kehidupan.
Identifikasikan ciri-ciri kebudayaan.
Diskusikan tiga wujud kebudayaan.
Jelaskan unsur-unsur kebudayaan universal
Berilah contoh 3 (tiga) macam budaya lokal di Indonesia.
Identifikasikan dampak yang ditimbulkan dan masuknya budaya asing!
Deskripsikan 3 (tiga) proses terjadinya hubungan antar budaya.
Identifikasikan faktor-faktor yang menyebabkan unsur budaya asing mudah diterima!
MODUL 7
POTENSI KEBERAGAMAN YANG ADA DI MASYARAKAT SETEMPAT DALAM KAITANNYA DENGAN BUDAYA NASIONAL
BAB I PENDAHULUAN
Modul yang akan kalian pelajari akan mengantarkan kalian untuk mendeskripsikan potensi keberagaman budaya yang ada di msyarakat setempat dalam kaitannya dengan budaya nasional. Adapun ruang lingkup materi mencakup : faktor-faktor penyebab keberagaman budaya, manfaat keberagaman budaya, contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat.
Modul ini berkaitan dengan modul lainnya yaitu berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu :
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keberagaman budaya.
Menganalisis manfaat keberagaman budaya.
Mendeskripsikan contoh-contoh budaya lokal di masyarakat setempat.
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini setelah kelak di dunia kerja adalah :
Memahami akan keberagaman budaya dalam lingkungan kerja baik dalam cara hidup, sikap.
Menghormati adanya keberagaman budaya di lingkungan pekerjaan
Mematuhi budaya kerja
Mari Mengecek Kemampuan Awal kalian.
Berilah tanda cek (Ö) sesuai dengan jawaban yang benar!
No

Pernyataan

Ya

Tidak

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan kebudayaan..
Setiap suku bangsa mempunyai keunikan dan kekhasan budaya sendiri.
Antara satu daerah dengan daerah yang lain memiliki lingkungan yang berbeda sehingga memberi corak berbeda dalam keberagaman budaya.
Lingkungan sekitar sangat … manusia dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidupnya.
Lingkungan alam meliputi lingkungan sosial dan lingkungan budaya.
Lingkungan alam sangat mempengaruhi terhadap pembentukan kepribadian mandiri.
Masyarakat yang hidup di daerah pegunungan memiliki pola adaptasi dalam bentuk rumah yang beratap tinggi dan memiliki banyak jendela.
Kontak budaya dengan kebudayaan asing terjadi melalui unsur perdagangan, penyebaran agama dan peperangan.
Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan bangsa yang tidak ternilai harganya.
Tari Jaipong merupakan tarian tradisional dari daerah Jawa Tengah.

BAB II. PEMBELAJARAN
Bagaiman Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dan menganalisis materi secara individu dan kelompok.
2. Jam : Disesuaikan kondisi jam pembelajran, sekitar 8 jam (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan
Apa Kegiatan Belajarnya
Berdiskusi kelas tentang keberagaman budaya berdasarkan faktor-faktor penyebabnya.
Berdiskusi kelas tentang manfaat keberagaman budaya
Tugas individu tentang contoh-contoh budaya lokal sesuai kondisi masyarakat setempat.
TAMBAHAN BAB 7
Keberagaman kebudayaan
Alinea 1.
Manusia dengan akalnya menciptakan kebudayaan untuk melindungi diri dan memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya. Melalui kebudayaan pula manusia memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan makan, pakaian, obat-obatan, perumahan dan kebutuhan lainnya.
Manusia sebagai makhluk sosial, dalam melakukan interaksi dengan individu lain atau dengan kelompok lain manusia mempergunakan budaya seperti bahasa, sopan santun dan adat istiadat tertentu sehingga tercipta tata pergaulan yang harmonis dan saling bekerja sama.
kehidupan masyarakat …
2. Mengingat lingkungan alam dan sosial budaya manusia berbeda satu sama lain maka
TAMBAHAN MATERI MODUL 7
Contoh Budaya lokal di masyarakat
Tradisi Dugderan di Kota Semarang
Tradisi dugderan ikut menyemarakkan datangnya bulan puasa khususnya di Kota Semarang. Dengan mengusung warak ngendhog sebagai ikonnya, yaitu binatang yang bentuknya menyerupai persilangan naga dan kuda yang dilengkapi dengan sebutir endhog (telur). Tak hanya itu saja, kerajinan kapal dan othok-othok selalu diidentikkan dengan tradisi ini. Semua barang tersebut tentu akan sulit dijumpai di hari-hari biasa. Selain di seputar Semarang, banyak pula pedagang yang berasal dari luar kota hanya untuk mengadu peruntungan. Diantaranya dari Brebes, Jepara, Sidoarjo, dan masih banyak lagi.
Sebagai warga Semarang, tentu merasa bangga karena mempunyai tradisi unik yang patut untuk dilestarikan.
Kentrung
Tradisi Lisan
Kentrung merupakan salah satu jenis seni tutur atau tradisi lisan yang berkembang di wilayah di Jawa. Lazimnya, kentrung dimainkan seorang dalang, didukung peranti tabuh seperti kendang, rebana, ketipung, atau jidor. Pada zaman keemasannya, dekade 1970-1980-an, kentrung acap ditanggap untuk menyemarakkan hajatan pupak puser (puputan), selapanan bayi, mudhun lemah, atau khitanan. Namun belakangan, kentrung sebagai salah satu kekayaan budaya masyarakat tak pernah hilang. Hal itu amat bergantung pada ada atau tidak seniman yang melestarikan serta dukungan masyarakat penonton sebagai pemilik sah kesenian tersebut. “Dhasare niku pengin nguri-uri. Eman-eman menawi kentrung ical. Dados, nggih ngentrung sakgaduk-gaduk kula.”
Tradisi Nyadran di Ngipik, Desa Mayungsari Kecamatan Bener Purworejo
Area lading dan persawahan di Dusun Ngipik, Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo kemarin tak seperti biasanya. Sepi dan lengang dengan semilir angin pagi yang menawarkan nafas kedamaian dari daerah di lereng perbukitan tersebut.
Di perempatan dekat balai desa, jalan konblok menuju makam tampak ramai orang. Sebagian besar kaum adam mengenakan pakaian muslim ala Indonesia lengkap dengan peci. Hanya sebagian kecil kaum hawa.
Satu sama lain saling berjabat tangan sembari basa-basi menanyakan kabar. Terutama bagi mereka yang baru pulang dari perantauan. Acara itu seakan menjadi ajang kangen-kangenan.
Sejurus kemudian, mereka turun ke area pemakaman yang memang letaknya di dataran bawah. Sebuah pusara besar sejenis makam berada di dalam sebuah gubug. Di bagian pinggir, lembaran-lembaran tikar telah disiapkan sebagai tempat duduk. Dan beberapa saat pusara tersebut telah dikelilingi oleh ratusan orang.
Itulah prosesi awal ritual nyadran yang sudah mentradisi di kalangan warga Dusun Ngipik. Kegiatan yang diyakini sakral dan berbalut dengan nilai-nilai magis-historis ini dilakukan secara rutin setiap tahun.
“Nyadran ini menjadi bukti rasa bakti kita kepada leluhur yang pertama kali membuka desa ini.” Pusara yang diziarahi itu diyakini sebagai makam leluhur warga desa setempat. Yakni Mbah Sodong Joyo. “Beliau yang pertama kali babat alas sehingga terbentuklah desa ini, “ katanya.
Dia tidak mengetahui persis kapan pusara itu mulai ada di makam tersebut. Hanya saja, berdasarkan hikayat yang diturunkan dari setiap generasi, pusara Mbah Sodong Joyo itu sudah ada sejak ratusan tahun.
“Dari kecil kami diajari orang tua kami agar setiap menjelang bulan puasa nyadran dulu satu dusun ke makam Mbah Sodong Joyo. Akhirnya terus berlangsung. Mbah Sodong Joyo hidup pada masa kerajaan Mataram.
“Entah misinya apa sampai tempat ini yang konon dulunya masih hutan. Kemudian dibuka dan dibangun sebuah desa bernama Mayungsari.
Mbah Sodong Joyo sebenarnya memiliki istri bernama Sodongan yang pusaranya berada di Borobudur, Magelang. Diungkapkan Suparno, dua pusara di Ngipik dan Borobudur diketahui memiliki hubungan baru sekitar 8 tahun yang lalu. “Ternyata suami istri, “ katanya.
Sudah menjadi tradisi kegiatan nyadran ini dilakukan pada hari Kamis kedua pada bulan Sya’ban.
Rangkuman
Faktor-faktor penyebab keberagaman budaya adalah :
kemajemukan suku bangsa ;
lingkungan ; dan
kontak dengan kebudayaan asing
Setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda dengan suku bangsa lain.
Kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan hidup didukung oleh lingkungan sekitar yang meliputi :
lingkungan alami
lingkungan sosial ; dan
lingkungan budaya
Kontak dengan budaya asing terjadi melalui :
perdagangan
penyebaran agama
peperangan
Keberagaman budaya yang kita miliki merupakan kekayaan budaya dan kekayaan bersama bangsa yang tidak ternilai harganya.
Menghargai kebudayaan masyarakat lain yang berbeda menjadi kewajiban setiap warga masyarakat.
Contoh kebudayaan lokal di masyarakat setempat dapat berupa : tarian, lagu, rumah adat, tradisi, alat musik, kesenian, pahat, ukir, patung.
Ayo Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi kelompok mengenai manfaat keberagaman budaya sebagai potensi memperkaya kebudayaan nasional.
Setelah selesai berdiskusi, buatlah laporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru.
Lembar Kerja
Tugas Individu!
Buatlah karya tulis mengenai contoh-contoh budaya lokal yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal kalian.
EVALUASI
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e!
Seluruh tingkah laku anggota suatu masyarakat merupakan cermin dari kebudayaan yang mereka anut sehingga kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan … .
kebudayaan
materi
pekerjaan
mata pencaharian
lingkungan
Kebudayaan yang dimiliki suatu masyarakat di suatu tempat berbeda dengan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat di tempat lain. Hal ini menyebabkan timbulnya … .
perbedaan kebudayaan
keunikan kebudayaan
kebudayaan universal
mata pencaharian
lingkungan
Suku Baduy dan Tengger mendiami pulau … .
Sumatera
Jawa
Bali
Nusa Tenggara Barat
Maluku
Letak geografis, keadaan tanah, iklim, cuaca, flora dan fauna yang berada di sekitar manusia disebut lingkungan … .
alam
geologis
sosial
budaya
biotik
Kondisi lingkungan geografis yang berbeda-beda menyebabkan setiap suku bangsa memunyai pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan. Hal ini melahirkan … .
kesemestaan budaya
cara kebudayaan yang khas
kebudayaan lokal
gaya hidup sendiri-sendiri
tradisi kekeluargaan yang sangat erat
Masyarakat yang tinggal di derah pegunungan memakai bentuk rumah yang … .
beratap sedang, banyak jendela
beratap tinggi, banyak jendela
agak rendah, beratap seng dan sedikit jendela
berjendela banyak, beratap seng
beratap gendeng, bentuk rumah tinggi
Tradisi sedekah laut umumnya dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di daerah … .
pegunungan
lembah
dataran rendah
padang pasir
pantai
Lingkungan sosial turut memengaruhi terhadap pembentukan … .
kebudayaan masyarakat
peradaban manusia
kebudayaan lokal
kepribadian bangsa
kepribadian individu
Tiap-tiap lingkungan sosial dam budaya mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Hal ini tercermin dalam … .
kebiasaan sehari-hari para anggotanya
bentuk rumah masyarakat
peralatan hidup anggota masyarakat
sistem mata pencaharian
bahasa sehari-hari anggota masyarakat
Semua bidang kehidupan sosial masyarakat pedesaan selalu terikat dengan mata pencaharian pertanian sehingga kebudayaan masyarakat pedesaan adalah kebudayaan … .
industri
agraris
nelayan
perdagangan
jasa
Masyarakat suku terasing adalah masyarakt terisolasi karena … .
tingkat kebudayaan masih sangat bersahaja
bersifat terbelakang da tertinggal
lingkungan geografis
lingkungan sosial budaya
keterbatasan kemampuan berkomunikasi
Suku terasing di Indonesia diantaranya adalah … .
Sakai, Baduy dan Nias
Saki, Laut dan Batak
Punan, Taijo dan Sawu
Sakai, Punan dan Tugutil
Bugis, Taijo dan Toraja
Lingkungan profesi melakukan kelompok sosial atas dasar pekerjaan di dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya perbedaan-perbedaan dalam … .
mata pencaharian
orientasi nilai budaya
kehidupan peradaban
adat istiadat
cara hidup
Lingkungan pekerjaan melakukan kebudayaan … .
kontemporer
tradisional
modern
berdasar keahlian
khusus
Kontak dengan kebudayaan asing terjadi karena kondisi masyarakat Indonesia yang sangat heterogen dan bersifat … .
terbuka
tertutup
tradisional
bersahaja
modern
Kontak dengan budaya asing terjadi melalui unsur-unsur berikut :
perdagangan
penyebaran agama
peperangan
perembesan kebudayaan
sarana komunikasi
Jawaban yang benar adalah … .
1, 2 dan 3
1, 2 dan 4
2, 3 dan 4
2, 4 dan 5
3, 4 dan 5
Keberagaman budaya yang dimiliki oleh suku-suku bangsa merupakan … .
potensi konflik antar suku
sumber dan kekayaaan budaya
penghambat proses integrasi
kekuatan terpendam yang tidak ternilai
penghambat hubungan antar bangsa
Setiap daerah memiliki lagu daerah dan tarian daerah atau tarian tradisional seperti tarian Bedoyo dan Serimpi yang berasal dari daerah … .
Jakarta
Jawa Barat
Jawa Tengah
Daerah Istimewa Yogyakarta
Jawa Timur
Berbagai rumah adat di daerah-daerah Indonesia juga beragam bentuknya seperti rumah adat Lamin dari daerah … .
Kalimantan
Kalimantan Barat
Kalimantan Tengah
Kalimantan Timur
Kalimantan Selatan
Jawa Tengah memiliki ragam budaya kesenian tradisional seperti tari Gambyong berasal dari daerah … .
Semarang
Surakarta
Magelang
Boyolali
Klaten
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Deskripsikan mengapa kehidupan masyarakat selalu berkaitan dengan kebudayaan!
Identifikasikan faktor-faktor penyebab keberagaman kebudayaan!
Berilah bukti bahwa setiap suku bangsa memiliki kebudayaan sendiri yang berbeda satu dengan lainnya.
Jelaskan mengapa setiap suku bangsa memiliki pola-pola adaptasi kebudayaan tersendiri terhadap lingkungan!
Jelaskan perbedaan pola-pola adaptasi suku bangsa yang tinggal di daerah pantai dengan daerah pegunungan!
Jelaskan mengapa lingkungan sosial dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian individu!
Deskripsikan lingkungan budaya masyarakat kita!
Jelaskan bagaimana lingkungan budaya masyarakat daerah terasing!
Deskripsikan bagaiman kontak dengan kebudayaan asing dapat terjadi?
Berilah contoh kebudayan lokal yang ada di msyarakat tempat tinggal kalian!
MODUL 8
BERBAGAI ALTERNATIF PENYELESAIAN MASALAH AKIBAT ADANYA KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
Apa Yang Dipelajari?
Modul yang kalian pelajari ini akan mengantarkan kalian untuk mengidentifikasi berbagai alternatif penyelesaian masalah akibat adanya keberagaman budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya; pentingnya integrasi nasional, peran masyarkat dalam menjaga keselarasan antar budaya peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya.
Modul ini berkaitan dengan modul lainnya mengenai menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya. Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan kalian akan mampu :
Menjelaskan masalah-masalah yang muncul akibat adanya keberagaman budaya.
Mendeskripsikan pentingnya integrasi nasional
Mengidentifikasi peran pemerintah dalam menjaga keselarasan antar budaya
Mengidentifikasi peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar dalam modul ini kelak di dunia industri.
menyadari adanya keberagaman budaya yang dimiliki oleh para karyawan
mampu menyelesaikan masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya
mampu menjaga keselarasan antar budaya
Mari Mengecek Kemampuan Awal Kalian.
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban singkat!
Masyarakat Indonesia yang beragam budaya sangat berpotensi menimbulkan … .
Konflik yang sangat potensial di Indonesia berkaitan langsung dengan … .
Suatu keadaan dimana norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarkat memudar akibat perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga masyarakat sehingga tidak ada keserasian pada bagian-bagian dari suatu kesatuan dinamakan … .
Alat pengendalian sosial untuk mencapai tujuan masyarakat adalah … .
Masalah-msalah sosial yang terjadi dalam masyarakat dapat berupa perilaku yang menyimpang dari … .
Hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu kesatuan bangsa direalisasikan dalam konsensus nasional melalui … .
Membuat masyarakat menjadi satu kesatuan yang bulat dinamakan … .
Salah satu unsur … dalam memantapkan kesadaran nasional dan kesatuan bangsa adalah peringatan Kebangkitan Nasional setiap tanggal … .
Pola perilaku bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari budaya nasional adalah … .
Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan ——– … dan … .
BAB II PEMBELAJARAN
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : Memahami dan mengidentifikasi materi secara individu dan kelompok
2. Jam : Disesuaikan dengan kondisi jam pembelajaran, sekitar 8 jam (4 x pertemuan)
3. Tempat Pencapaian : Disesuaikan kondisi di kelas dan di perpustakaan.
Apa Kegiatan Belajarnya?
Berdiskusi tentang masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
Menyimak informasi tentang pentingnya integrasi maksimal berdasarkan NKRI.
Berdiskusi kelompok tentang peran pemerintah dan masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya.
Rangkuman
Keberagaman budaya menimbulkan masalah seperti :
Konflik
Desintegrasi (disorganisasi)
Reintegrasi
Masalah hubungan dengan penduduk pendatang
Kecemburuan sosial terhadap kelompok lain
Perasaan primordial
Perbedaan yang sangat mencolok
Rasa fanatik yang luas dan tidak rasional dalam mengamalkan ajaran agama
Perbedaan tabiat, sopan santun diantara bangsa Indonesia
Alternatif pemecahan masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman agama.
mengendalikan agar konflik tidak berubah wujud menjadi kekerasan
mengembangkan perasaan saling menghargai
mengikis habis ciri stereotip etnik maupun sifat etnosentris.
Mengembangkan sikap toleransi yang tinggi antar umat beragama
Mengembangkan berbagai pola hubungan dalam masyarakat multikultural seperti :
asimilasi
self segregation
integrasi
pluralisme
Integrasi rasional bangsa Indonesia adalah hasrat dan kesadaran untuk bersatu sebagai satu bangsa yakni bangsa Indonesia.
Langkah-langkah menuju integrasi
mengembangkan konsensus
mengembangkan peran struktur masyarakat
upaya pemerintah menciptakan integrasi
Perwujudan integrasi nasional melalui :
pakaian
bahasa
lambang dan identitas kebangsaan
perilaku dan
lembaga
Dalam menjaga keselarasan antar budaya diperlukan peran masyarakat dari pemerintah.
Mari Mengerjakan Tugas!
Lakukan diskusi kelompok mengenai masalah-masalah yang muncul akibat keberagaman budaya.
Setelah kalian berdiskusi buatlah laporan hasil diskusi.
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini!
No

Menjaga keselarasan antar budaya

Peran dalam menjaga keselarasan antar budaya

1
2

Masyarakat
Pemerintah

……………………………………………………
……………………………………………………

BAB III EVALUASI
Soal Pilihan
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e sebagi jawaban yang tepat!
Masyarakat Indonesia yang multikultural, memiliki struktur sosial yang beragam, memiliki perbedaan-perbedaan dalam hal selera, nilai dan norma sangat berpotensi menimbulkan … .
konflik
perubahan sosial
perubahan kebudayaan
kegoncangan budaya
kerja sama
Konflik tingkat ideology dan konflik tingkat politik merupakan bentuk konflik sosial berdasarkan … .
tingkatnya
jenisnya
macamnya
sifatnya
penyebabnya
Terjadi pertentangan antara norma-norma yang ada di dalam masyarakat merupakan salah satu gejala awal terjadinya … .
konflik
disintegrasi
reintegrasi
arbitrasi
mediasi
Pada tahap lebih lanjut pola kehidupan disintegrasi akan menimbulkan gejala kehidupan sosial yang … .
normal
tidak normal
selaras
serasi
seimbang
Alternatif pemecahan masalah konflik tingkat ideologi masing-masing suku, kelas sosial dan ras hendaknya mampu mengembangkan … .
akses membangun kehidupan demokrasi
partisipasi dari kelompok minoritas
perasaan saling menghargai
sifat etnosentris masing-masing suku
prinsip-prinsip keadilan dan keujuran
Kelompok etnis yang berbeda secara bertahap dapat mengadopsi budaya dan nilai yang ada dalam kelompok besar masyarakat. Hal ini terjadi melalui pola hubungan proses … .
integrasi
self segregation
difusi
asimilasi
akulturasi
Hasrat dan kesadarn untuk bersatu sebagai satu bangsa yaitu bangsa Idonesia disebut … .
integrasi nasional
konsensus nasional
loyalitas nasional
interaksi sosial
kontak sosial
Salah satu alternatif pemecahan masalah akibat keberagaman budaya adalah penanaman sikap toleransi dan empati sosial khususnya melalui lembaga … .
pemerintahan
perkawinan
keagamaaan
kemasyarakatn
pendidikan
Salah satu faktor penunjang integrasi nasional Indonesia adalah … .
adanya faktor sejarah yang menimbulkan rasa senasib seperjuangan
adanya pengendalian social yang berfungsi baik dalam masyarakat
terjadinya proses-proses sosial dalam interaksi sosial yang bersifat disosiatif
adanya perasaan primordialisme yang sangat kuat
dibukanya akses seluas-luasnya untuk mengembangkan kehidupan demokrasi
Unsur yang penting dalam integrasi nasional adalah … .
menghargai perbedaan
memahami keragaman budaya
sikap torelansi dan empati
kesadaran dan kemauan bersatu
adanya rasa cinta tanah air
Salah satu faktor penghambat integrasi nasional di Indonesia adalah … .
adanya paham etnosentrisme
adanya keinginan untuk bersatu
adanya kesepakatn nasional
adanya pola-pola hubungan sosial
kelebihan dan kekurangan yang dimiliki suku-suku bangsa.
Upaya pemerintah dalam menciptakan integrasi adalah … .
membuka daerah terisolir melalui pembangunan sarana transportasi dan komunikasi
menambah frekuensi perkawinan campur antar suku
menciptakan kreasi baru bentuk kebudayaan
mengembangkan konsensus nasional mengenai nilai-nilai kemasyarakatan
mengembangkan peran struktur masyarakat yang bersifat saling menyilang
Melakukan pemindahan penduduk secara terprogram melalui transmigrasi merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan … .
kesatuan budaya bangsa
partisipasi dalam pembangunan
pola-pola kehidupan sosial yang serasi
solidaritas nasional
integrasi nasional
Bahasa Indonesia sebagai perwujudan budaya dan bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya adalah … .
identitas bangsa
benda kebudayaan
landasan ideology
acuan pola perilaku bangsa
cermin kepribadian bangsa
Arena atau forum perwujudan integrasi nasional bisa dilaksanakan melalui berbagai jalan antara lain … .
lembaga politik dan pemerintahan
lembaga erkawinan
lembaga keagamaan
kelompok kemasyarakatan
kelompok sosial
Contoh lembaga politik sebagai forum perwujudan interasi nasional adalah ….
Majelis Permusyawaratan Rakyat
Dewan Perwakilan Rakyat
Organisasi kemasyarakatan
Lembaga Swadaya Masyarakat
Partai politik
Salah satu peran masyarakat dalam menjaga keselarasan antar budaya adalah … .
melestarikan puncak-puncak kebudayaan bangsa yang berkembang di daerah-daerah
memupuk kesadaran bersejarah dalam aspirasi terhadap warisan budaya
penyebarluasan informasi kebudayaaan lewat peragaan benda-benda budaya
mengenal lebih dekat tentang peristiwa serta pelaku sejarah bangsanya
meningkatkan apresiasi terhadap kesenian
Diperlukan adanya kebudayaan yang bermutu tinggi, lebih beradab yang dapat diwariskan kepada generasi yang akan datang merupakan peran … .
umat manusia
masyarakat
pemerintah
organisasi kemasyarakatan
lembaga pendidikan
Penyebarluasan informasi kebudayaan terutama lewat pameran dan peragaan benda-benda budaya di gedung-gedung museum merupakan program … .
kesejarahan
kepurbakalaan
permusiuman
kesenian
perpustakaan
Program yang bertujuan untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya bangsa di masa lampau, maupun masa sekarang adalah program … .
pengembangan kesenian
kerja sama lintas sektoral
inventarisasi kebudayaan
pembinaan penghayatan kepercayaan
pembukuan dan perpustakaan
Soal Uraian!
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Jelaskan mengapa konflik terjadi dalam masyarakat?
Jelaskan macam-macam konflik berdasarkan jenisnya!
Kemukakan beberapa gejala awal desintegrasi.
Jelaskan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat akibat disintegrasi!
Deskripsikan dua langkah yang harus dilakukan sebagai alternatif pemecahan masalah yang ditimbulkan oleh keberagaman budaya!
Kemukakan fagtor-faktor yang menunjang integrasi nasional Indonesia!
Deskripsikan langkah-langkah menuju integrasi!
Kemukakan upaya-upaya yang dilakkan pemerintah dalam menciptakan integrasi!
Deskripsikan 5 (lima) pesan masyarakat dalam menjaga kelestarian antar budaya!
Jelaskan mengapa kita perlu mengembangkan sikap kritis terhadap nilai-nilai budaya.
MODUL 9
SIKAP TOLERANSI DAN EMPATI SOSIAL TERHADAP KEBERAGAMAN BUDAYA
BAB I PENDAHULUAN
Modul ini akan mengantarkan kalian untuk menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap keberagaman budaya. Adapun ruang lingkup materi mencakup : menghargai budaya orang lain dan menjaga dan melestarikan budaya lokal.
Hasil belajar yang akan kalian capai setelah mempelajari modul ini diharapkan mampu :
menunjukkan dalam sikap sehari-hari tentang menghargai budaya orang lain.
menunjukkan beberapa sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural
memberi contoh sikap-sikap menghargai kebudayaan orang lain yang berbeda
menunjukkan dalam kehidupan sehari-hari menjaga dan melestarikan budaya lokal
Adapun manfaat yang akan kalian peroleh setelah menguasai kompetensi dasar ini kelak di dunia industri adalah :
mampu bersikap menghargai kebudayaan orang lain di lingkungan kerja
mampu menjaga budaya organisasi di tempat kerja
Mari Mengecek Kemampuan
Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban yang tepat!
keberagaman kebudayaan suku bangsa merupakan potensi untuk menumbuhkan … dan … .
Keberagaman budaya suku bangsa rentan terjadinya … .
Gejala disintegrasi diantara bangsa Indonesia dapat dicegah apabila ada rasa saling … .
Keragaman budaya Indonesia merupakan dasar pengembangan identitas bangsa dan … .
Dalam masyarakat multikultural diperlukan sikap … dan … dari setiap anggota masyarakat.
Toleransi sosial adalah sikap saling menghargai … yang ada dalam masyarakat.
Kita harus meninggalkan sikap primordialisme terutama yang menjurus pada sikap … dan … .
Melalui sikap saling menghargai kebudayaan suku bangsa yang berbeda dapat memperkokoh … dan … .
Dalam mengembangkan kebudayaan bangsa perlu ditumbuhkan dan dilestarikan nilai budaya … .
Dalam menyerap kebudayaan asing kita harus bersikap … .
BAB II PEMBELAJARAN
Bagaimana Rencana Belajar Siswa?
Siswa diharapkan mampu membuat rencana belajar yang mencakup hal-hal berikut ini :
1. Jenis Kegiatan : memahami dan menganalisis materi secara individu
2. Jam : disesuaikan kondisi jam pembelajaran sekitar 6 jam (6 x pertemuan)
3. Tempat pencapaian : disesuaikan kondisi kelas
Apa Kegiatan Belajarnya?
Simulasi tentang sikap menghargai budaya orang lain
Bermain peran tentang menjaga dan melestarikan budaya lokal
RANGKUMAN
Bangsa Indonesia memiliki keberagaman budaya yang merupakan potensi dalam menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Dalam kehidupan masyarakat multikultural menghargai budaya orang lain yang berbeda adalah kewajiban setiap warga masyarakat.
Sikap toleransi dan empati sosial setiap anggota masyarakat sangat penting dalam masyarakat multikultural.
Toleransi sosial adalah sikap yang menghargai perbedaan-perbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat.
Empati adalah keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasikan dirinya dalam keadaan, perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain.
Dalam mengembangkan sikap saling memahami dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang beranekaragam dengan mengedepankan komunikasi dan dialogis yang bersifat antar individu dan kelompok tersebut.
Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya daerah (lokal) sehingga budaya lokal perlu dijaga, dipelihara dan dilestarikan sehingga dapat memperkuat dan memperkaya keberagaman budaya bangsa.
Ayo Mengerjakan Tugas
Lakukan diskusi bersama dalam kelompok “Sikap-sikap apakah yang kita perlukan dalam menyikapi masyarakat Indonesia yang multikultural?”
Setelah selesai berdiskusi, buatlah pelaporan hasil diskusi dan presentasikan di depan kelas dengan bimbingan guru!
Lembar Kerja
Isilah kolom-kolom berikut ini.
No

Sikap

Contoh dalam kehidupan

1
2
3

Toleransi sosial
Empati sosial
Cinta tanah air

………………………………………………..
………………………………………………..
………………………………………………..

BAB III EVALUASI
Soal Pilihan
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e!
Keberagaman kebudayaan suku bangsa di Indonesia rentan terjadinya konflik … .
budaya
sosial
ideologi
politik
ekonomi
Gejala disintegrasi dapat dicegah apabila ada rasa … .
saling percaya
saling tergantung
saling menghargai
menghormati
simpati
Dasar pengembangan identitas dan kebudayaan nasional Indonesia adalah … .
sikap toleransi sosial
sikap empati sosial
keberagaman budaya
budaya lokal
integrasi bangsa
Sikap menghargai perbedaan sosial yang terdapat dalam masyarakat adalah ….
imitasi
sugesti
empati
toleransi sosial
politik aliran
Dalam mengembangkan sikap memahami dan saling menghargai antar individu atau kelompok yang beraneka ragam melalui langkah yang terbaik / dengan mengedepankan … .
komunikasi dan dialogis
sikap etnosentris
sikap primordialisme
gotong royong
musyawarah
Sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat multikultural adalah … .
menumbuhkan budaya belajar
mengembangkan rasa nasionalisme
saling menjaga hubungan baik
ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial
menyelenggarakan pentas seni bersama
Sikap toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat akan terwujud bila adanya … .
perlindungan negara
kebebasan dalam berorganisasi
kesadaran sosial
jaminan sosial
kepastian hukum
Contoh sikap saling menghargai budaya orang lain sehari-hari adalah … .
saling menjaga hubungan baik
mengembangkan sikap etnosentris yang berlebihan
mengembangkan rasa nasionalisme
menyelesaikan semua konflik sosial
menegakkan supremasi hukum
Dalam mengembangkan rasa nasionalisme terutama dilakukan melalui … .
penghayatan wawasan kebangsaan
menumbuhkan sikap chauvinisme
kompromi di setiap konflik
menyelesaikan semua konflik secara akomodatif
menerima bahwa setiap suku memiliki kebudayaan daerah
Menegakkan supremasi hukum artinya bahwa semua peraturan formal harus berlaku pada … .
sekelompok orang
kelompok sosial
organisasi sosial
semua warga negara
golongan mayoritas
Agar dalam masyarakat tumbuh sikap dan perilaku yang kreatif dan inovatif maka perlu menumbuhkan budaya … .
meniru
belajar
asing
kerja keras
lokal
Dalam proses pembangunan dan pengembangan kebudayaan bangsa harus dihindari sikap
feodal
eksklusif
paham kedaerahan yang sempit
solidaritas
tenggang rasa
Jawaban yang benar adalah … .
1, 2 dan 3
1, 2 dan 4
2, 3 dan 4
2, 4 dan 5
3, 4 dan 5
Sikap yang diperlukan dalam proses pembangunan dan pengembangan kebudayaan bangsa adalah … .
tenggang rasa
mawas diri
eksklusif
kesetiakawanan
etnosentris
Jawaban yang benar adalah … .
1, 2 dan 3
1, 2 dan 4
2, 3 dan 4
2, 4 dan 5
3, 4 dan 5
Kebudayaan nasional diambil dari kebudayaan daerah yang bercirikan … .
memiliki corak kekhasan sendiri
memiliki nilai-nilai dan norma social
tidak menjurus pada pandangan etnosentris
memiliki nilai-nilai budaya positif
telah digunakan dalam waktu yang sangat lama
Kebudayaan nasional diambil dari puncak-puncak prestasi budaya … .
pendidikan
belajar
manca Negara
dunia
daerah
Untuk memperkaya bdaya nasional dalam menyerap budaya asing harus bersikap …
selektif
masa bodoh
pasif
kondusif
tertutup
Bangsa Indonesia tidak ingin dan tidak akan menghilangkan perbedaan-perbedaan yang telah ada karena tindakan menghilangkan perbedaan tersebut bertentangan dengan … .
kodrat
nilai-nilai luhur
budaya universal
hak asasi manusia
hukum yang berlaku
Bangsa Indonesia memiliki keanekaragaman suku bangsa yang berbicara dalam berbagai bahasa daerah, maka perlu pembinaan bahasa daerah dalam rangka … .
memperkokoh persatuan dan kesatuan
memperkaya perbendaharaan bahasa Indonesia
membina ketahanan budaya
memperkokoh jati diri budaya nasional
menyelamatkan warisan budaya leluhur
Tiap-tiap suku bangsa memiliki sistem kesenian yang disebut kesenian daerah untuk menampung, menumbuhkan serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap seni maka diselenggarakan … .
sistem komunikasi yang terpadu
program inventarisasi kebudayaan
festival pekan kesenian atau pagelaran seni
forum komunikasi para pemikir budaya
kerja sama lintas sektoral
Aliran kepercayaan (sistem religi) terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan bagian dari kebudayaan lokal. Keberadaan aliran kepercayaan tersebut tidak perlu dipertentangkan, oleh karena itu perlu sikap … .
saling menghormati dan menghargai
mencintai karya budaya bangsa
selektif dalam pergaulan
mengembangkan kesadaran sosial
menerima bahwa tiap suku memiliki budaya lokal masing-masing.
Soal Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
Deskripsikan mengapa keberagaman budaya suku-suku bangsa di Indonesia rentan terjadinya konflik budaya yang dapat menimbulkan gejala disintegrasi!
Jelaskan mengapa dalam menyikapi keberagaman budaya diperlukan sikap toleransi dan empati sosial!
Jelaskan yang dimaksud dengan toleransi sosial!
Jelaskan sikap kritis yang harus dikembangkan dalam masyarakat yang beraneka ragam budaya!
Jelaskan mengapa tanpa kepastian hukum sifat toleransi dan saling pengertian antar sesama anggota masyarakat tidak dapat terwujud.
Berilah 4 (empat) contoh sikap menghargai budaya orang lain dalam pergaulan hidup sehari-hari!
Deskripsikan mengapa dalam masyarakat multikultural harus menghindari sikap feodal, sikap eksklusif dan paham kedaerahan yang sempit?
Kemukakan ciri-ciri kebudayaan nasional yang diambil dari kebudayaan daerah (lokal).
Jelaskan mengapa dalam pembangunan kebudayaan nasional bersifat terbuka!
Deskripsikan upaya-upaya yang harus kita lakukan dalam menjaga dan melestarikan kesenian daerah (kesenian tradisional).

Puisi Kritis

Puisi Untuk Ashari & KPK
Puisi Untuk Ashari & KPK

Antasari
Kau bagai cahaya yang menyinari disaat kegelapan
Kau bagai embun dipagi hari disaat kami dahaga
Kau bagai tongkat disaat negara ini hampir roboh karena korupsi yang terencana

Antasari
Hadirmu memberi kami sejuta harapan
Kewujudanmu memberi kami nafas baru
Kau bangkitkan kembali harga diri bangsa ku


KPK
Tanpamu negaraku dikuasai preman
Tanpamu negaraku bagaikan negara koboi
Tanpamu negaraku terhina
Tanpamu berlaku hukum rimba

Aku Tak Percaya
Aku tak percaya institusi polisi akan melindungi rakyat yang tidak berdosa
Aku tidak percaya pengadilan akan memberikan keadilan
Aku tak percaya DPR/MPR akan memperjuangkan nasib rakyat
Aku tak percaya pemerintah akan memberikan hak-hak rakyat
Tapi aku percaya KPK yang telah membawa cahaya untuk semua

Para pejuang itu…
Satu persatu mereka dihilangkan secara terencara
Satu persatu mereka ditutup mulutnya
Satu persatu mereka dipaksa berdosa
Satu persatu mereka dianiaya

Baharuddin Lopa dimusnahkan
Munir diracun
Mulyana di penjara
Antasari dianiaya
Karena mereka tidak mau diajak diam saja

Para pengkhianat itu
Kini menjadi orang mulia
Kini menjadi orang tak berdosa
Kini menjadi pahlawan-pahlawan bersama